Skip to content

Pendahuluan

May 21, 2011

Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan fungi atau sering dikenal dengan sebutan jamur. Jamur ada yang dapat dimakan, seperti jamur merang, jamur tiram dan jamur kuping. Jamur juga merupakan organisme pembusuk yang sangat penting untuk menghancurkan sisa-sisa tumbuhan dan hewan. selain itu banyak juga jamur yang dapat merugikan dalam kehidupan, yaitu dapat menyebabkan penyakit baik pada manusia, pada hewan dan pada tumbuhan. Penyakit yang disebabkan olah jamur yang sering menyerang manusia seperti penyakit panu, kadas, kurap, dan keputihan. Sedangkan yang menyerang tanaman adalah penyakit busuk pada akar, batang, daun dan buah.

Jamur banyak terdapat di lingkungan, bentuknya bermacam-macam, ada yang seperti bola, gada, payung, dan sebagainya. jamur juga sangat cocok berada di lingkungan yang lembab yang mengandung sisa-sisa organik, pada kayu yang melapuk, tempat buangan sampah, dan terutama banyak tumbuh di musim penghujan.

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari materi fungi ini. Hal yang paling penting setelah kita mempelajari fungi adalah membentuk kepribadian yang bisa menghargai hal yang kecil, karena dengan menghargai yang kecil maka insya Allah kita akan menjadi orang besar selain itu tentu kita bisa menjadi seseorang yang lebih rendah hati, karena ternyata dari hal yang kecil itu kita bisa diruntuhkan dan dlumpuhkan kalau kita tidak memiliki ilmu pengetahuan. sebagai contoh banyak mikroorganisme yang renik bahkan tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang menyebabkan kita tidak berdaya karena tubuh kita yang besar terkalahkan oleh penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme tersebut. oleh karena itu kita sebagai umat manusia harus senantiasa menyuplai diri kita dengan ilmu dan pengetahuan untuk bekal kita hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Akhirnya pendahuluan ini saya akhiri dengan ucapan rasa syukur Alhamdulilah atas segala rahmat, taufik serta hidayah yang telah di berikan Allah SWT kepada kita semua. Semoga kita semua senantiasa berada dalam keridhoan-Nya. Amin yaa Robbal’alamin. Tak lupa saya sampaikan ucapan terima kasih saya kepada Dosen Pembimbing DR. Deni Darmawan, M.Si yang telah memberikan ilmunya kepada kita semua. Dan yang pasti ilmu yang telah bapak berikan bermanfaat dan semoga kita semua dapat mengamalkannya. Amin…

From → Fungi

One Comment
  1. Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: